Liga Champions Format Baru, Kabar Baik untuk EPL

Klub Yang Diuntungkan

Fans Liverpool, tim Liga Champions Inggris yang paling sukses, mungkin tidak senang tetapi akan ada klub yang diuntungkan

Sangat mudah untuk mengabaikan semua yang UEFA, dan memang FIFA lakukan sebagai pandangan picik, berorientasi pada uang, dan tidak demi kepentingan terbaik permainan. Dan sebagai aturan, jika Anda tetap berpegang pada asumsi itu, Anda akan lebih sering benar daripada tidak. Perubahan pada turnamen klub terbesar di dunia disambut dengan cemoohan dan protes yang dapat dimengerti oleh sebagian besar dari mereka yang terlibat dalam, atau terpengaruh oleh, perubahan tersebut.

Mengesampingkan itu, bagaimanapun, dan mengambil sikap pendukung setan, format baru sebenarnya akan menjadi hal yang baik untuk Liga Premier Inggris. Minat untuk netral dari waktu ke waktu telah meluas dari apa yang menjadi perebutan gelar, ke dua teratas, hingga empat besar hari ini. Perubahan ini akan meluas ke tujuh, delapan, atau sembilan teratas. Penumpang akan menggunakan taruhan gratis mereka pada perlombaan untuk ketujuh, sebuah konsep yang akan tampak tidak masuk akal belum lama ini, dan bagi banyak orang, mungkin masih demikian.

Perubahan Utama

Format saat ini melihat 32 tim dibagi menjadi delapan grup yang terdiri dari empat tim untuk putaran pertama, dengan dua tim teratas lolos. Proposal baru, yang akan diberlakukan untuk awal musim 2024/2025, melihat jumlah klub meningkat menjadi 36.

Setiap tim akan memainkan 10 pertandingan, lima di kandang, lima tandang, dengan delapan besar di liga akan lolos ke babak 16 besar. Klub yang finis di posisi 9 hingga 24 kemudian akan diunggulkan sebelum bermain off untuk mencari sisa delapan tim.

Keenam belas tim yang lolos selanjutnya akan melalui format yang sama dengan kompetisi yang ada. Satu-satunya perubahan adalah bahwa klub yang tidak lolos dari liga awal, atau melalui babak play-off, tidak akan turun ke Liga Europa.

Jadi intinya, lebih banyak tim, dan lebih banyak game, dan bukan hanya beberapa game tambahan, tetapi 100 pertandingan lagi.

Mengapa orang kesal?

Dalam kasus klasik UEFA berada dalam bahaya membunuh angsa emas dengan mencoba memeras setiap pendapatan terakhir darinya, format baru akan membuat klub memainkan lebih banyak pertandingan. Manajer Chelsea Thomas Tuchel mengungkapkan kekecewaannya pada jumlah pertandingan yang harus dimainkan timnya.

Ada bahaya nyata bahwa banyak pertandingan akan melibatkan tim dengan sedikit untuk bermain, dan banyaknya permainan akan mengurangi dampak dari masing-masing. Ini juga merupakan langkah lain dari kompetisi yang awalnya dirancang, yaitu turnamen antara tim nomor satu dari masing-masing negara sepakbola utama Eropa.

Sangat mungkin terjadi bahwa tim yang finis kelima di liga domestik mereka melawan tim yang mewakili liga yang tidak pernah memiliki klub yang lolos dari babak grup. Tidak ada yang salah dengan tim-tim seperti itu pada prinsipnya bersaing satu sama lain, tetapi apakah tempat untuk itu benar-benar disebut Liga “Champions”?

Pengaturan saat ini tidak sempurna, tetapi tahap sistem gugur umumnya sangat baik. Tahun ini mereka telah memberikan drama yang luar biasa dan sebagai tambahan, telah menunjukkan bahwa kadang-kadang UEFA dapat membuat keputusan yang tepat, dalam penghapusan aturan gol tandang. Kritik terhadap format saat ini adalah bahwa kompetisi tidak benar-benar berjalan sampai grup 16, dengan hampir semua orang dapat memilih 14 atau lebih tim yang akan lolos ke babak 16 besar.

Masalah dengan proposal baru adalah bahwa mereka tidak membahas hal itu sama sekali, dan jika ada, mereka membuat putaran pembukaan semakin tidak kompetitif. Siapa yang waras akan menonton turnamen tahun ini dan berkata “apa yang dibutuhkan kompetisi ini adalah 100 pertandingan lagi?”

Jadi mengapa ini bagus untuk EPL?

 

Peningkatan tim mungkin merupakan cara terbaik bagi Manchester United untuk masuk ke Liga Champions

Klub individu mungkin mengeluh bahwa daftar perlengkapan mereka yang sudah bertumpuk akan memiliki permainan tambahan yang diterjunkan, tetapi untuk liga secara keseluruhan, perubahan ini akan bermanfaat. Tingkat teratas sepak bola Inggris, lebih dari yang lain, termasuk liga Spanyol, Italia dan Jerman dikenal dengan persaingan pertandingan, yang melibatkan semua tim secara praktis hingga satu atau dua terbawah.

Kualitas tim yang sangat bagus meluas ke bawah liga dan ini hanya akan memperpanjangnya lebih jauh. Perebutan gelar tahun ini berlangsung ketat, seperti halnya pertarungan untuk posisi keempat. Manchester United dan West Ham berjuang habis-habisan untuk memperebutkan tempat tersisa di Eropa.

Peningkatan jumlah klub yang bersaing dalam kompetisi menjadi 36 kemungkinan besar akan melihat EPL – liga dengan koefisien tertinggi – meningkatkan jumlah tim yang mereka kirim ke Liga Champions dari empat menjadi lima. Itu akan mengalir ke tim yang lolos ke Eropa melalui Liga Europa dan Konferensi Europa. Saat ini ada sekelompok tim, mereka yang berada di papan tengah, yang aman dari degradasi tetapi tidak cukup mampu untuk mendorong tempat-tempat Eropa tersebut.

Perubahan ini akan menekan grup itu, membuatnya praktis tidak ada. Bisa jadi jika sebuah tim tidak berjuang untuk bertahan di liga, maka mereka berjuang untuk memenangkan tempat di Eropa.

Tiba-tiba tim seperti Brighton, Wolves, Aston Villa dan Crystal Palace akan memiliki ambisi yang tulus untuk masuk ke kompetisi Eropa. Sementara Liga Europa sebelumnya dipandang sebagai gangguan bagi tim yang mencoba untuk melangkah ke Liga Champions, West Ham menunjukkan bahwa jika Anda melakukannya dengan sikap yang benar (walaupun dengan skuat yang tipis) itu adalah kompetisi yang bisa dinikmati oleh para pemain dan penggemar.

Semua Akan Baik Pada Akhirnya

Dengan semua olahraga selalu ada pemenang dan pecundang, dan meskipun perubahan ini tampaknya akan memiliki dampak yang berlawanan, Anda harus berasumsi bahwa para arsiteknya mengharapkannya, EPL kemungkinan besar akan menjadi tempat yang lebih kompetitif sebagai hasilnya.